Tuesday, April 30, 2013

Kue Ultah ke-9 untuk Sulungku

Saya ini punya kecenderungan medit hemat yang memesona merepotkan diri sendiri. Khususnya menyangkut hal-hal yang saya anggap bisa dikerjakan sendiri, saya ogah beli. Apalagi harga yang dipatok jauh lebih mahal dari modal.
Kue ultah misalnya. Sejak agak pede dengan keterampilan bikin kue (yang sebenarnya pas-pasan ini), saya menganggap memesan kue ulangtahun adalah pemborosan besar.

Joel si sulung yang sempat merasakan dibeliin kue ultah dari ultah pertama hingga ke-6. Chloe hanya dibelikan waktu ultah ke-2 & ke-3.

So, walau kue-kue ultah buatan saya benar-benar mengenaskan hiasannya, tetapi soal rasa bolehlah. Semua menggunakan bahan yang saya tahu pasti kualitasnya. Mentega atau minyak goreng, gula apalagi, bisa saya sesuaikan preferensi yang saya anut untuk anak-anak.

Kue burung hantu ini misalnya, menjadi pengalaman pertama saya membuat gluten-free cake. Tadinya saya asal comot resep karena waktu yang tidak mengijinkan untuk browsing ke sana-kemari. Waktu belanja saya pun terbatas, jadi saya sudah tidak punya pilihan selain taat dengan resep ini. Resep ini saya pilih karena bahannya tidak banyak dan cara pembuatannya pun mudah.

*harga tepung almond ini lumayan tinggi dibanding terigu, 1/4kg = Rp34 rb di TBK langganan.


Aslinya menggunakan ukuran cup, saya sesuaikan dengan ukuran gram. Beberapa bahan juga saya ganti/tambah sesuai dengan yang ada di dapur.

Sayang saya tidak bisa fotokan bagian dalamnya, rasanya seperti apa pun saya cuma bisa menebak-nebak dari remah-remah yang tertinggal. Kue ini secara utuh, bulat-bulat, dibawa si sulung ke sekolahnya, dan ketika pulang tadi tak satu potong pun yang dia bawa. Ya sudahlah, kita anggap saja enak, ya. ;)

Bahan kue:
250g mentega, lunakkan
85 gr gula kastor
4 btr telur
250g bubuk almond (tepung almond)
40g tepung beras

Bahan penghias:
50 gr almond kepingan
2 butir kismis hitam -- pilih yang besar
dark cooking chocolate secukupnya untuk kaki, hidung, dan pinggiran kue
1 tbsp gula merah bubuk untuk area mata

Icing Putih:
1-2 resep Betty Crocker's White Icing (saya pakai satu resep aja, lain kali sepertinya akan saya campurkan dengan parutan kulit lemon, biar segar)
125 gr gula bubuk/icing sugar
1-2 tbsp susu UHT putih
1/2 tsp bubuk vanilla

Peralatan:
1. loyang bulat 22x6
2. spatula
3. pisau
4. ayakan
5. baskom & mixer

Cara pembuatan:
1. Menggunakan mixer, campur gula dan mentega hingga terlihat fluffy.
2. Masukkan telur satu per satu. (Pastikan telur sebelumnya sudah rata, baru masukkan yang baru).
3. Aduk dengan spatula bubuk almond dan tepung beras yang sudah diayak.
4. Panggang dengan suhu 140-160 C. Kira-kira 60 menit atau kurang dengan oven gas elpiji.
5. Setelah matang, diamkan dulu kurang lebih 10 menit di dalam loyang.
6. Keluarkan kue dari loyang.
7. Hias dengan icing dan bahan-bahan penghias lain.
8. Tentu Anda bisa kreasikan sendiri sesuka hati. ;)

1 comment :

  1. Menurutku deepest reasonnya bukan pelit bin hemat, Devi. Kamu pingin kasih Joel kue ultah spesial dari tanganmu sendiri --sok tau--

    Joel pasti bahagia, dan mengenangnya sebagai kue terenak dan termahal di jagat raya.

    Happy birthday, Joel & Devi. Semoga Allah melimpahi kalian kebaikan selalu :-)

    ReplyDelete