Wednesday, August 21, 2013

Gako Ingin Berguna

Gako gagak berbulu hitam legam. Matanya hitam, paruhnya hitam, cakarnya hitam. Suaranya pun besar dan sumbang. Semua padanya terasa seram.

Gako sedih karena tidak ada yang menyukainya. Manusia menghindarinya. Bahkan, mereka memasang makhluk aneh bertangan jerami untuk mengusirnya. "Hush! Hush!" kata si makhluk aneh tiap Gako datang berkunjung.

Suatu hari kesedihan Gako didengar Tuhan.

"Gako, apakah kamu masih sedih?"
"Iya, Tuhan. Mengapa mereka memusuhiku? Apakah karena aku hitam dan suaraku jelek?"
"Maukah kamu melakukan sesuatu untuk-Ku?"
Tentu saja Gako mau.
"Ada seorang pria yang membutuhkan bantuanmu. Dia hamba-Ku yang setia. Dia kuperintahkan untuk diam di Sungai Kerit. Bawakan makanan untuknya. Kamu akan sangat berjasa baginya."
"Apakah dia akan mengusirku?" tanya Gako ragu.
"Tentu tidak. Dia membutuhkanmu."

sumber: http://st-takla.org

Maka terbanglah Gako mengumpulkan teman-temannya, mencarikan makanan untuk pria itu. Saat itu kekeringan yang panjang sedang melanda. Tetapi Gako dan teman-teman selalu berhasil menemukan makanan. Kadang roti, kadang daging, diantarkannya setiap pagi atau sore kepada Elia nama pria berbaju dari bulu unta. Elia selalu senang tiap melihat kedatangan Gako dan mengucapkan terima kasih atas makanan yang dibawakannya hari itu. Berkat Gako dan teman-teman gagak lainnya, Elia tidak kelaparan.
Gako senang sekali karena bisa berguna untuk orang lain.

--------------------------
"Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu."

Sumber kitab suci: 1 Raja-Raja 17:1-6
Moral cerita: meskipun gagak dianggap buruk rupa, tetapi dia bisa berguna bagi orang lain. Bahkan Alkitab mencatat jasanya dalam memelihara kelangsungan hidup Elia ketika mengungsi ke Sungai Kerit saat masa kekeringan melanda (sekitar 3½ tahun), hingga akhirnya Sungai Kerit kering dan Elia harus pindah dari situ.

Catatan:
Kisah ini saya karang bebas ketika harus mendongeng untuk anak saya suatu malam. Saya ingin menggali kisah lain dari salah satu kisah keajaiban di Alkitab.
Burung gagak adalah salah satu ciptaan Tuhan yang banyak mendapat predikat buruk, bahkan banyak mitos yang menggunakan burung gagak untuk menakut-nakuti anak-anak. Penampilannya yang tidak cantik dan suaranya yang parau memang sering membuat makhluk ini dihindari.
Padahal, burung ini termasuk yang punya kecerdasan tinggi. Gagak punya kemampuan mengenali wajah, juga mampu mengenali pola sederhana dan pandai mencuri.
Yang menarik, walaupun gagak digolongkan ke dalam jenis binatang yang menjijikan, kotor, justru makhluk ini yang dipilih Tuhan untuk memberi makan Elia, hamba-Nya.

Pelajari lebih banyak tentang gagak di situs PBS ini.

1 comment :