Tuesday, January 27, 2015

Aku dan Vegemite

Pernah dengar, tapi tidak tahu itu apa. 

Lalu kulihat namanya di sarung drum seorang pemain marching band pada suatu festival di Darling Square, Sydney.



Hingga suatu hari di ruang bernama Bunya Room di sebuah penginapan di Albury. 
Kulihat beberapa tamu menyantap roti panggang dengan olesan selai kehitaman. Coklatkah? Atau bluberry? Tampak nikmat sekali mereka melahapnya. 


Vegemite nyaris selalu tersedia di hotel-hotel yang kami singgahi
Di situlah jumpa sesungguhnya terjadi antaraku dengannya. Kuning, merah, putih adalah dirinya tampak luar. Di dalam, dia adalah hitam kecoklatan belaka. Tidak menarik. Namun aku tertantang. 
Kucolek sedikit. Bleh (!), apa ini? Tidak enak! Seperti memakan campuran petis (yang memang tidak kusuka) dan terasi berkualitas buruk
Tak lama berselang, seorang teman memberikan saran: oleskan tipis-tipis bersama margarine di atas roti panggang yang masih hangat. Rotinya harus terpanggang cukup lama. 
Kucoba. Ya, bisa dimakan sekarang. Enak? Tidak. :p 
Mungkin dia ini semacam acquired taste. Walau terus terang, rasanya aku emoh mencobanya lagi. Mungkin kalau terpaksa akan kupertimbangkan.

Orang satu ini mengaku tak ada masalah dengan Vegemite:
Toast and vegemite
Sekilas Vegemite (rangkuman dari berbagai sumber)
yang beneeer?
Kebanggaan Australia ini, telah ada sejak tahun1923. Vegemite adalah selai yang terbuat dari konsentrat ragi dan ekstrak barley. Walau memang butuh waktu untuk 'cocok' dengan rasanya, tak bisa disangkal Vegemite selalu berada di daftar teratas belanja bulanan di Aussie. 
Berbeda dengan kebanyakan olesan roti, Vegemite akan menambahkan rasa asin gurih kepada roti panggang kita. Sekali lagi, memang butuh waktu untuk dapat mengenal dan akhirnya bisa menyukai rasanya. Namun, konon hanya Aussie sejati yang bisa sebegitu bangganya dengan Vegemite yang selalu hadir di meja-meja makan mereka, dari Perth hingga Brisbane, Darwin hingga Melbourne.

Vegemite kaya dengan B1, B2, B3, dan asam folat. Satu kemasan kecil 5g sudah mampu memenuhi 25-50% kebutuhan kita akan keempat vitamin ini. Hebatnya, sudah lebih dari 80 tahun, resep asli Vegemite ini nyaris tidak mengalami perubahan. 22 juta stoples Vegemite terjual tiap tahun, Waks!

Ini saran menikmatinya:


Bagaimana, cukup mudah, kan?

No comments :

Post a Comment