Saturday, January 4, 2014

Gading Serpong-Salatiga

Dini hari, 22 Desember 2013
Selepas pukul 4.30 pagi, setelah mengatasi semuanya tanpa kericuhan -- koper, oleh-oleh, hadiah masuk bagasi, snack masuk barisan tengah, jaket anak-anak siap, demikian juga sandal mereka -- berangkatlah kami.

Langit masih gelap. Saya bersyukur. Karena saya jadi sempat menyaksikan keindahan permainan lampu yang ditata apik di sepanjang blok Kantor Pemasaran Paramount-Hotel Atria-Ruko PDA. Beberapa hari sebelumnya saat melintas di situ, saya sudah lihat kawat-kawat sedang dipasang, membentuk pohon-pohon natal, kereta, rusa, manusia salju, dan ornamen-ornamen natal lainnya. Saya amat penasaran seperti apakah gerangan kawat-kawat ini ketika sudah diselaputi cahaya. Ternyata sungguh indah. Good job, Paramoun Landt! Maaf ya, selama ini saya sering mencela seleramu dalam mengiklankan diri, sekarang dirimu membuktikan bahwa kau bisa tampil elegan juga, kayak kompetitormu di Gading Serpong ini. :p

Lukisan cahaya dari balik dashboard mobil kami
Rutinitas tiap pergi ke luar kota saat hari masih dini, adalah mampir di McDonald's untuk membeli sarapan kebangsaan: English Muffin! Setelah itu, meluncurlah kami melewati tol Janger-tol dalkot-hingga Cikampek. Lancar.

Subang-Indramayu-Cirebon juga lancar. Turun sebentar di Indramayu menanyakan harga mangga, waks, harganya malah lebih mahal dibandingkan di pasar. Ga jadi, ah. Trus singgahlah di Brebes untuk membeli telur asin. Pukul 12 kurang kami sampai di Tegal. Waktunya makan siang. Ingin mengulang kebiasaan, kami mampir di restoran Indah nan vintage ini (tidak halal): 

RM Indah - Tegal, foto tahun 2012, Kimi masih sangat imut
Sepertinya ini akan jadi kunjungan terakhir kami, harganya kok jadi makin ga ramah. Sepiring tumis kangkung polos diharga Rp17rb, kolobak 40ribuan, sup asparagus 40ribuan. Serasa makan di Jakarta, nasi dan minumannya juga harganya sama dengan rumah makan di Jakarta. Porsinya ga besar padahal.

Lalu jalan mulai tersendat di daerah Pemalang-Pekalongan. Terus, hingga kami melintasi Batang, Weleri, Kendal, Semarang akhirnya. Lagi-lagi tersendat di Ungaran. Ah, klasik banget ini permasalahan jalan antara Semarang-Salatiga. Terakhir lewat sini bulan Juli lalu macet, sekarang kok, belum sembuh juga.

Akhirnya, jelang pukul 7 malam, dalam kondisi semua kebelet pipis dalam antrian panjang menanjak di Ungaran, kami pun berhenti di sebuah resto bernama 4U. 
4U. For You. Foto hasil menculik ;).
Masakannya menurut saya enak. Kami pesan sup tomyam, tahu baxo (demikian orang Ungaran dsk membahasakan makanan yang berwujud tahu diisi adonan bakso), lumpia, nasi goreng, enak semua. Entah karena lapar atau dingin. Tapi benar sungguh, masakannya decent. Nampaklah seorang ibu separuh baya yang sibuk di dapur belakang. Beberapa kali si enci yang cantik ini berjalan ke arah minimart depan yang dijaga oleh anak-anak gadisnya, membawa tahu baxo, lumpia, yang belum digoreng. Tahu baksonya saya suka, yum!

Sekitar pukul 8, tiba kami di Salatiga. Perjalanan yang lumayaaaan panjang, namun tak ada kesulitan berarti. Anak-anak ceria, tidak ada yang rewel, Kimi bahkan melewatkan lebih dari 2/3 perjalanan dengan tidur lelap di kursi belakang.

Setelah lelah berlalu
Tanggal 24 kami bermaksud main ke Lapangan Pancasila, namun ternyata lapangan sedang disterilkan untuk acara ibadah Natal bersama bagi umat kristiani se-Salatiga.
(Hampir) tiap 25 Desember pagi-pagi sekali, selalu digelar ibadah Natal bersama di lapangan yang jadi alun-alun kota sejuk ini. Kabarnya, tahun ini yang datang sekitar 12 ribu orang dari 70-an gereja se-Salatiga. Saya pernah ikut sekali, tahun 2005. Khusyuk dalam dingin, damai terbit dalam hati memandangi lilin-lilin yang terangkat menghangatkan pagi.
Terpesona, karena persis di sisi barat alun-alun, berdiri megah Mesjid Agung Salatiga. Terharu ketika subuh datang, tak terdengar azan berkumandang. Apa artinya? Toleransi yang besar.
Tulisan salah seorang kompasioner ini bercerita tentang istimewanya kota Salatiga. Salatiga memang betul de schoonste stad van midden Java - kota tercantik di Jawa Tengah.


Iritisasi.  Lapangan Pancasila, 25 Desember, usai ibadah Natal bersama


Gelembung-gelembung di Lapangan Pancasila
Laki-laki penjaja gelembung, memikat hati dua bocah cilik yang memandangnya tak jemu.
Ronde jago
Ronde terenak ke-2 di dunia, kata teman saya. *tapi no.1-nya belum ketemu*
Ayo, terbanglah gelembungku
Terbang, melayanglah, agar aku mengejarmu


2 comments :

  1. Saya sangat bersyukur kepada Nyonya Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan nilai kredit nol Semua menolak saya karena rasio kredit saya yang tinggi dan rendahnya kredit Sejarah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Ny Iskandar Lestari melalui konsultan kredit via email: iskandalestari.kreditpersatuan @ Gmail.com dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada AWAL 2017 dan semoga ini datang jauh-jauh. Usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang bisa Anda hubungi Ibu Iskandar.
    Melalui email: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com atau melalui dia
    BBM INVITE: {D8980E0B}

    ReplyDelete
  2. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor (+393511318582) jujur ​​pada layanan kami.
    Assalamu`alaikum wr wb,

    ReplyDelete